Muhibbin Prof. Dr. Al Muhadits Al Allamah Abuya Sayyid Muhammad bin 'Alawi Al Maliki Al Hasani

Bulbul Makkah

Dapatkan beragam kitab-kitab Karangan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani di website www.kitababuya.com

Sayyid Abbas bin Alawi Al Maliki Al Hasani


Bulbul Makkah - Abuya Sayyid Abbas bin Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki al Hasani al Makki - Beliau adalah saudara kandung dari Prof.Dr.Sayyid Muhammad al Maliki. Nama lengkap beliau adalah as Sayyid Abbas bin Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz al Maliki al Hasani al Idrisi al Makki. Beliau dilahirkan pada tahun 1368H/1948M di Makkah al Mukarramah. Beliau adalah salah satu keturunan Rosulullah SAW. Nasab mulia beliau bersambung terus sampai kepada Sayyidina Idris al Azhari bin Idris al Akbar bin Abdullah al Kamil bin Hasan al Mutsanna bin Hasan as Tsabit bin al Imam Ali bin Abi Thalib istri Sayyidah Fatimah az Zahra Putri Baginda Rosulullah Muhammad SAW.

Beliau dibesarkan oleh seorang ayah yang alim dan mulia, pemimpin ahli bait di kota Makkah, pembesar bait Alawi yang disegani oleh pemerintah dan orang semuanya yaitu Muftil Hijaz Sayyid Alawi bin Sayyid Abbas al Maliki. Tidak heran jika sifat sifat orang tuanya turun kepadanya dan saudara kandungnya yaitu Sayyid Muhammad al Maliki.

Sayyid Abbas memiliki sifat tawadhu',rendah hati,mudah senyum,suka membantu orang yang kesulitan,menghormati tetamu dan mudah akrab. Beliau di beri gelar sebagai Amir Qasidah di Makkah, sebab beliau memiliki suara yang bagus dan indah, sehingga orang orang terpesona manakala mendengarkan suaranya. Ulama yang diberi gelar sebagai Bulbul Makkah ini dikenal bukan hanya memiliki suara yang bagus tapi juga pandai bersyair. Beliau membangun pusat pendidikan di Makkah. Pelajarannya terdiri dari pelajar asrama yang datang dari Indonesia dan pelajar luar asrama yang tinggal di Makkah, Majelis beliau juga dikenal dengan majlis Dalailul Khairat dan Burdah.

Beliau meriwayatkan hadits dari Ayahandanya yaitu Sayyid Alawi al Maliki. Sayyid Abbas begitu dekat dan akrab dengan murid muridnya. Keakraban itu terlihat bagaimana santri menyapanya dengan sapaan akrab layaknya seorang anak kepada sang ayah.

Beliau wafat pada tanggal 25 Jumadil Akhir 1436 H pada hari selasa.
Semoga Allah menempatkan beliau dalam surgaNya, memberikan curahan rahmat, berkumpul bersama leluhurnya Baginda Nabi Muhammad SAW. Amin...

Majalah Mafahim

Bulbul Makkah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Candra Kurniawan

0 komentar:

Post a Comment