Muhibbin Prof. Dr. Al Muhadits Al Allamah Abuya Sayyid Muhammad bin 'Alawi Al Maliki Al Hasani

Jangan Sembarangan Mengkafirkan (Bag.1)

Dapatkan beragam kitab-kitab Karangan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani di website www.kitababuya.com

Abuya AlMaliki

oleh | Abuya Sayyid Muhammad ibn Alawi Al-Maliki Al-Hasani
diterjemahkan oleh | Ust. Kamal Muhlis

الحلقة الأولى من كتاب مفاهيم يجب أن تصحح

تأليف إمام أهل السنة والجماعة قرن 21 أبوي السيد محمد علوي المالكي الحسني

التحذير من المجازفة بالتكفير 1

يخطئ كثير من الناس – أصلحهم الله – في فهم حقيقة الأسباب التي تخرج صاحبها عن دائرة الإسلام وتوجب عليه الحكم بالكفر ، فتراهم يسارعون إلى الحكم على المسلم بالكفر لمجرد المخالفة حتى لم يبق من المسلمين على وجه الأرض إلا القليل ، ونحن نلتمس لهؤلاء العذر تحسيناً للظن ، ونقول لعل نيتهم حسنة من دافع واجب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر ، ولكن فاتهم أن واجب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر لابد في أدائه من الحكمة والموعظة الحسنة وإذ اقتضى الأمر المجادلة يجب أن تكون بالتي هي أحسن كما قال تعالى : } ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ { .. وذلك أدعى إلى القبول وأقرب للحصول على المأمول ومخالفته خطأ وحماقة .

Jangan Sembarangan Mengkafirkan 1

Banyak orang yang salah – semoga Allah memperbaiki dan menunjukkan kepada mereka jalan yang benar – dalam memahami sebab-sebab yang mengakibatkan kemurtadan dan kekafiran. Mereka nampak begitu mudah mengkafirkan atau menganggap kafir saudaranya sesama muslim hanya karena beberapa hal yang tidak sejalan dengan pendapatnya. Kami memandang mereka yang mempunyai  kebiasaan seperti itu dengan baik sangka. Mereka sebenarnya mempunyai niat yang baik. Paling tidak, mereka bermaksud mengupayakan kemurnian ajaran Islam dari perbuatan syirik, dan memperbaiki kesalahan lainnya melalui amer ma’ruf dan nahi mungkar. Namun, mereka tampaknya tidak menyadari bahwa pelaksanaan amar ma’ruf dan nahi mungkar itu sama sekali tidak dapat dilepaskan dari sikap bijaksana. Dan jika ada yang perlu diperdebatkan pun, harus melalui diskusi yang paling baik dengan motovasi mencari kebenaran, bukan untuk mencari kemenangan .

Hal itu diisyaratkan Allah dalam Al-Qur’an

 ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.”

Cara yang bijaksana itu sangat mudah diterima dan sangat memudahkan untuk mencapai tujan kita , selain tidak akan menjerumuskan kita ke jurang perpecahan dan pertengkaran.

Bersambung.

Jangan Sembarangan Mengkafirkan (Bag.1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Candra Kurniawan

0 komentar:

Post a Comment