Muhibbin Prof. Dr. Al Muhadits Al Allamah Abuya Sayyid Muhammad bin 'Alawi Al Maliki Al Hasani

Pemasrahan Ayah Kepada Putranya

Dapatkan beragam kitab-kitab Karangan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani di website www.kitababuya.com

Pemasrahan Ayah Kepada Putranya

MuhibbinAbuya.Com - Diceritakan bahwa ada seseorang asal Suriya yang bermukim di Al-Madinatil Munawwaroh sedang mengalami kesulitan hidup. Pada suatu malam, ia bermimpi bertemu dengan As-Sayyid Alawi Al-Maliki (ayahanda al-Maghfur lahu Abuya As-Sayyid Muhammad). Di dalam mimpi itu, As-Sayyid Alawi Al-Maliki menyuruhnya untuk mendatangi putra beliau di Mekkah dan mengadukan kepadanya masalah yang sedang dihadapinya.

Akhirnya, orang Suriya itu datang ke Mekkah menuju kediaman al-Maghfur lahu Abuya di ar-Rushaifah dengan membawa sebuah surat di tangannya. Sayangnya, ia datang di waktu yang tidak tepat, yakni di siang hari. Sebab, siang hahri merupakan jam istirahat bagi Abuya. Anehnya, orang itu tetap memaksa untuk dapat bertemu dengan beliau.

Dengan berat hati, disertai rasa takut si santri yang saat itu mendapat giliran menjaga pintu – sebut saja Ubaid mengambil surat dari tangan orang itu, lalu menyampaikannya kepada Abuya. Yaa Subhanallah, tidak seperti biasanya, beliau langsung menerima surat itu – seolah sudah ada kontak batin sebelumnya antara al-Maghfur lahu Abuya dengan ayahanda beliau, As-Sayyid Alawi. Padahal, saat itu bukan jam tamu, melainkan jam istirahat.

Setelah keduanya berbincang lama di ruang tamu, “Masya Allah”, sejenak kemudian al-Maghfur lahu Abuya memberinya sebuah amplop yang berisi ribuan riyal (mata uang Saudi Arabia) untuk memenuhi hajat orang Suriya itu. Masya Allah, alangkah dermawannya guru kami ini. Keluhuran budi beliau sungguh mencerminkan akhlaq mulia kakek beliau, baginda Rosulullah Shollahu ‘alaihi wasallam. Allohummar zuqnaa syaian min karomihii wa akhlaaqihi.

Sumber Riwayat Ath-Tholib: Al-Ustadz Ubaidillah Al-Idrus dan At-Tholib Al-Ustadz Ibnu Hajar

Pemasrahan Ayah Kepada Putranya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Candra Kurniawan

0 komentar:

Post a Comment